Senin, Desember 22, 2008

BSM_TAHUN AKADEMIK 2008/2009

Bakrie School of Management (BSM)
Final Exam. untuk Semester 1 sudah selesai. Berarti, Sudah genap Enam bulan aku berstatus Mahasiswa. Tepatnya Mahasiswa S1-ACCOUNTING Bakrie School of Management. Suatu kebanggaan tersendiri karena Almamater Mahasiswa telah melekat padaku. Status yang bahkan sempat menjadi pahlawan pada era Reformis anak muda Indonesia pada tahun 1997,1998,1999. Status yang bahkan membuat Presiden sekalipun, merasa takjub sekaligus TAKUT pada keganasan dan keberanian dibalik otak-otak Intelektual pemiliknya. Ya ... itulah MAHASISWA.
Lebih spesisfik lagi, aku akan berkisah tentang Kampus tempatku menuntut Ilmu sekarang. Yaitu, Bakrie School of Management, sebuah Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Bisnis Indonesia yang telah berganti menjadi Yayaysan Pendidikan Bakrie, yang mempunyai Visi untuk menciptakan generasi-generasi emas di bidang Bisnis, yang Insya Allah di masa depan, akan menjadi Enterpreneur-enterpreneur sejati, bahkan menjadi pemimpin bangsa ini.
Suatu tujuan mulia yang dikembangkan oleh Keluarga Bakrie, Keluarga Pengusaha Terkaya di Indonesia (Majalah Forbes Asia, 2008), yang diimplementasikan melalui pemberian Beasiswa bagi 353 bibit unggul dari 33 Propinsi se-Indonesia pada tahun 2008. Proses penyeleksiannya terbilang relatif mudah, karena Manajemen BSM terjun langsung untuk menyeleksi, ke 33 propinsi, 44 Kota se Indonesia dan Alhamdulillah, sekarang aku sudah masuk dalam 371 Mahasiswa Angkatan 2008.
Tentang BSM sendiri, adalah hal yang teramat unik untuk dibahas. Sebuah kampus kecil dari ukuran areanya, namun SUPER dari segi fasislitas GRATIS, yang diberikan kepada Mahasiswanya. Sejak di BSM, aku baru menyadari betapa pentingnya BISNIS. Betapa pentingnya menjadi seseorang yang justru menciptakan lapangan Kerja, bukan malah mencari kerja. Suatu keberuntungan tersendiri aku bisa menyadari hal itu, tepat ketika status mahasiswa melekat di balik Almamater Abu-abu Kampusku. Namun aku hanya bisa menyesal, tidak mengambil jurusan IPS Semenjak SMA, tapi itu sudah menjadi pilihan yang tepat, mengingat paradigma IPS yang cenderung negatif. So ... lebih baik memilih IPA saat itu.
Well, BSM ... Lokasinya di Kavling sebelah tenggara Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro (GOR SOEMANTRI) dan Mal Pasar Festival. Sebuah Mal di Jl. H.R Rasuna Said, daerah Bisnis Enterprise Kuningan, Jakarta Selatan. Sekarang sudah ada tiga angkatan, 2006 (Management), 2007 (Management dan Accounting), 2008 (Management dan Accounting). Aku memilih jurusan Accounting karena berbagai alasan yang cukup prinsipil menurutku. Salah satunya karena aku menyukai Ilmu Hitung menghitung. Selain itu, mengenai prospek usaha dan Kaderisasi seorang Accountant, menawarkan sebuah senyum cerah di dalam dunia bisnis saat ini, yang memang sedang dilanda Krisis Akuntabilitas. So ... kehadiran seorang Enterpreneur yang Akuntable, menjadi suatu harapan baru bagi perkembangan dunia bisnis dan ekonomi makro bangsa ini. Lebih spesifik lagi, aku memilih Accounting, karena ingin menjadi Ministry of Finance and Economic in The Cabinet of Indonesia.
BSM sendiri sebagai sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (Insya ALLAH, 2010 akan menjadi Bakrie University) mempunyai dua bidang akademik yakni Management dan Accounting di mana keduanya, mempunyai kurikulum berbeda, yang berorientasi pada pengembangan skill di bidang bisnis, pengembangan jiwa kewirausahaan (ENTERPRENEURSHIP), dan pengembangan Soft Skill melalui aktivitas akademik dan non-akademik, baik di dalam, maupun di luar kampus. Lebih jau tentang kurikulum, akan anda dapatkan saat menjadi Mahasiswa BSM.
Tentang fasilitas kampus. Mahasiswa BSM tak pernah mengeluh kepanasan selama perkuliahan, justru sebagian besar keluhan mahasiswa adalah karena kedinginan di seluruh sudut kampus BSM yang full AC. Bahkan ketika daerah setempat ada giliran pemadaman, listrik tak kan mati, karena GEN-SET telah disediakan oleh teknisi-teknisi handal di BSM.
Ruang kelas supercomfortable yang berbasis Multi media. Di setiap ruang kelas ada 1 unit komputer Pentium-4-HP Compac free Acess Internet di meja Dosen, dan tidak hanya itu, full seluruh sudut kampus anda bisa mengakses internet GRATIS melalui WIFI-BSM dan WIFI-Pasar Festival. Setiap mahasiswa juga mendapatkan fasilitas Laptop Mahal yang di sulap jadi Super murah dan dicicil perbulan selama 3 TAHUN FREE of INTEREST, melalui Subsidi pihak BSM.
Bagi mahasiswa yang tidak mau mencicil Laptop, jangan khawatir, karena di BSM ada Lab. Komputer PLUS Printer GRATIS dan Lab. Bahasa yang masing-masing memiliki 41 unit Komputer Pentium-4-HP Compac, di tambah 8 unit di dalam Perpustakaan BSM, yang bisa digunakan untuk keperluan akademik, maupun sekadar NgeNET dari jam setengah sembilan pagi hingga jam Setengah delapan malam, GRATIS.
Ngomong-ngomong soal perpus, di BSM tempatnya. Perpus BSM menyediakan berbagai literasi-literasi Economic, Business, Finance, Advertising, Public Relation, Communication, Human Relation dan selainnya dalam bentuk Text Book semuanya FULL IN ENGLISH dan bisa dipinjam, Jurnal-jurnal Lokal dan Internasional, serta berbagai majalah dan surat kabar yang selalu update setiap hari. So ... gak akan ketinggalan Info meskipun di kos-an atau kontrakan tidak ada media informasi. Tapi bagi mahasiswa yang sedikit jenuh membaca text Bisnis, dan ingin mencari bacaan lain, langsung menuju Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta di Lantai 7-8 Nyi Ageng Serang Building, 100 meter depan kampus BSM.
Ada dua Mushalla berukuran proporsional di BSM. Bagi Mahasiswa yang terjun dalam kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Basmala (Barisan Mahasiswa Islam) BSM, Mushalla menjadi Base Camp. tempat mangkal anak-anak Rohis (Kerohanian Islam). Di beberapa sudut strategis yang ramai oleh Mahasiswa, disediakan masing-masing 2 unit Dispendser, so ... mahasiswa tidak takut haus selama di dalam Kampus.
Lantai marmer di sepanjang kampus yang bahkan bisa dipake buat ngaca, menjadi saksi segala kenyamanan fasilitas yang ditawarkan BSM. Ada juga sebuah ruang hangat-warm room-aquarium bagi mahasiswa yang kedinginan di lingkungan kampus. Mahasiswa juga diberi fasilitas Loker dengan tarif sewa Rp.10.000 PERSEMESTER dan bisa diperpanjang setiap semesternya.
Toilet, menjadi hal terlucu mengenai fasilitas BSM, karena??? Karena jika fasilitas pertama yang anda temui adalah toilet, maka anda akan berpikir bahwa tempat ini bukanlah kampus tetapi HOTEL. Itulah toilet BSM. Toilet supercomfort and clean, yang belum tentu ada di kampus lain bahkan di beberapa hotel sekalipun. Hahahahahahaha.
Sedikit penggambaran dari sisi tenaga pengajar BSM. Semua dosen BSM memiliki kualifikasi minimal S2 lulusan Luar Negeri, karena Pembelajaran di BSM Menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar. Sebagian besar berlatar belakang Enterpreneur, Wartawan Senior, Akuntan Publik, Dosen beberapa PTN dan PTS Ternama bahkan ada beberapa yang menjadi direktur di salah satu perusahaan. Suatu interaksi yang sangat sinergis dengan visi pengembangan bisnis di BSM.
Bagian selanjutnya, lebih mengarah ke aspek kemahasiswaan. Kurikulum BSM Disusun berbasis Internasional di mana Sistem kurikulum di BSM adalah SKS-paket untuk tahun pertama (sama di semua PTN/PTS), lalu selebihnya SKS-Optional. Untuk tahun pertama, semua mata kuliah wajib diikuti oleh mahasiswa BSM 18 SKS Semester 1, 20 SKS semester 2, dengan dosen yang telah ditetapkan. Untuk tahun-tahun berikutnya, mata kuliah tergantung dari pilihan masing-masing mahasiswa dengan adanya ketentuan mengenai mata kuliah wajib dan total SKS Minimal yang wajib di penuhi mahasiswa setiap semester.
Untuk tahun Akademik 2009/2010, BSM akan Memberikan beasiswa kepada 240 calon mahasiswa di seluruh Indonesia dengan lokasi tes seleksi adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, serta Bali, Makasar, dan Mataram. Serta adanya rencana penyeleksian untuk beberapa daerah melalui jalur Prestasi atau Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK). So ... untuk semua yang tertarik dengan dunia Ekonomi dan bisnis, akan menjadi suatu pengalaman dan harta yang sangat berharga bisa berada di Bakrie School of Management. Don't miss it!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hai ... buat lo yang mao nyumbangin saran, komen, ide buat pengembangan Blog w,,, w berharap bgt lo mao nulis n ngetik di sini yah ...

thnks ...

Regards ...
Sadam ...

Salam Sukses